Refreshing Otak ? Yuk Lakukan Aktivitas Seru!

Ilustrasi Refreshing Otak Ilustrasi Refreshing Otak

Salah satu aktivitas seru untuk refreshing otak adalah duduk diam di pantai mendengarkan suara deburan ombak. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mendengarkan suara alam dapat membantu menyegarkan pikiran. Istirahat dapat meningkatkan mood dan kinerja yang akhirnya membantu memaksimalkan kemampuan otak untuk bisa lebih berkonsentrasi. Ketika kamu membiarkan otak untuk terus bekerja maka kamu tidak dapat bekerja secara efisien, cepat lelah, marah-marah, adalah hal yang bisa menyebabkan stres.

Nah untuk itu kamu perlu melakukan aktivitas seru dalam langkah untuk merefreshkan otak. Bisa dengan berolahraga liburan atau meditasi. Refreshing atau berhenti sejenak bukan berarti otak berhenti bekerja melainkan pada saat refreshing kita membiarkan pikiran untuk terus mengembara disitulah otak me- recharge sistemnya. Ada beberapa hal seru yang dapat kamu lakukan guna menenangkan pikiran.

1. Duduk Diam di Pantai Mendengarkan Suara Ombak

Salah satu aktivitas seru yang dapat kamu lakukan untuk merefreshkan otak adalah duduk diam di pantai mendengarkan suara ombak. Menurut penelitian dari seorang audiolog yang menyatakan bahwa mendengarkan suara alam dapat membantu menyegarkan kembali pikiran. Bukan hanya mendengarkan suara ombak tetapi bisa juga dengan mendengarkan suara kicauan burung gemericik dedaunan atau deru air sungai yang dapat menenangkan pikiran.

2. Berjalan

Setiap kali bangun tidur kamu langsung buka laptop? atau kesibukan lainnya ? Kegiatan ini lah yang membuat kerja otak semakin mumet. Ada baiknya sebelum melibatkan diri dengan aktivitas harian yang menekan pikiran kamu harus melakukan aktivitas seru seperti jalan pagi. Jalan pagi dilakukan sebagai bentuk perenungan agar otak tidak memikirkan apa-apa. Berjalan sembari melihat interaksi manusia dulu transportasi dan yang lain-lain akan memicu otak agar kembali efisien. Setelah berjalan kaki mungkin ada baiknya untuk mampir ke coffee shop untuk menikmati secangkir kopi sebelum memulai aktivitas harian.

3. Mendengarkan Musik Sambil Menari

Mendengarkan musik sambil menari mungkin bisa kamu lakukan seperti zumba atau salsa yang menggerakkan badan tanpa perlu memikirkan apa-apa. Rasa senang akan kamu dapatkan ketika pikiran hanya fokus pada musik dan bagaimana supaya tubuh tetap berkoordinasi dengan baik sesuai alunan irama. Mendengarkan musik sambil menari adalah contoh aktivitas seru yang baik kamu lakukan secara rutin untuk refreshing otak. Kamu bisa menutup pintu kamar memasang musik dan melakukan tarian kreasi sendiri.

4. Olahraga Boxing

Olahraga boxing ini dapat memberikan dampak kesehatan yang maksimal tidak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga psikis. Ketika kamu melakukan olahraga boxing maka kamu harus berkonsentrasi terhadap gerakan dan pikiranmu hanya terpusat pada panduan instruktur dan gerakan jab ataupun kick. Biasanya orang-orang setelah melakukan olahraga boxing ini pikiran yang akan kembali segar.

5. Tidur Yang Berkualitas

Aktivitas ini adalah kegiatan yang paling mudah dilakukan untuk merefreshkan otak tapi sering dianggap sepele. Untuk menjadikan tidur sebagai aktivitas yang seru kamu dapat membuat kamar tidur yang nyaman agar tidurmu juga berkualitas sehingga dapat merefreshkan otak. Selain itu tidur juga merupakan kegiatan meditasi yang mampu membuat otak lebih segar seperti memasang musik lembut yang melelapkan, mengatur suhu udara di dalam ruangan, memasang pengharum ruangan yang dapat merelaksasi tubuh, dan jangan lupa untuk menjauhkan gadget. Dipastikan setelah melakukan hal-hal tadi setelah kamu bangun kamu akan merasa lebih segar.

6. Bersenang-senang Dengan Diri Sendiri

Hal yang dapat kamu lakukan untuk merefresh otak adalah dengan menyisihkan sedikit waktu untuk diri sendiri. Kamu bisa pergi ke restoran untuk menikmati makanan dan minuman favorit dan sebagainya. Kegiatan ini dilakukan bukan hanya untuk membuat pikiran dan otak rileks tetapi juga membantu untuk lebih memahami diri sendiri maka dari itu coba untuk lakukan evaluasi terhadap diri sendiri agar kamu bisa untuk memperbaiki diri di hari-hari berikutnya.  

7. Lakukan Pijat Relaksasi

Biasanya orang akan lupa jika dirinya banyak menghabiskan waktu untuk bekerja. Tidak ada salahnya untuk pergi ke salon sekedar melakukan pijat relaksasi sehingga tubuh yang tegang bisa kembali rileks. Jika kamu melakukan pijat relaksasi maka esok hari tiba kamu akan merasa kembali fresh untuk melakukan rutinitas kerja di kantor. Jangan lupa untuk memilih pijat sesuai dengan kebutuhan agar rasa lelah yang dirasa lekas menghilang.

Mungkin cara di atas bisa kamu lakukan untuk merefreshkan otak semoga kegiatan di atas bisa kamu jadikan sebagai kegiatan yang seru untuk kesehatan mental dan psikis.