Ini Dia Keuntungan Bermain Badminton Saat Puasa Ramadhan

gambar tersebut menyebutkan tentang keuntungan beramain badminton di bulan puasa gambar tersebut menyebutkan tentang keuntungan beramain badminton di bulan puasa

Ini Dia Keuntungan Bermain Badminton Saat Puasa Ramadhan

Tahukah Anda bahwa berolahraga menjadi salah satu cara untuk memelihara kesehatan tubuh. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, Anda tetap disarankan memilih jenis cabang olahraga yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu cabang olahraga yang direkomendasikan tetap dilakukan selama bulan suci Ramadhan adalah badminton. Olahraga badminton ini tetap aman dijalankan, meskipun Anda dalam keadaan berpuasa. Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjalankan olahraga badminton sembari berpuasa. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Melatih Kesehatan Jantung

Keuntungan bermain badminton saat puasa Ramadhan yang pertama adalah melatih kesehatan jantung. Sebab, pergerakan tubuh dalam permainan badminton ini membantu memperkuat otot-otot dalam jantung.

Sehingga, peredaran darah ke semua bagian tubuh semakin lancar. Hanya saja, selalu cek denyut jantung Anda setelah selesai bermain. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami kelelahan setelah bermain olahraga badminton.

  1. Membantu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Keuntungan kedua yang Anda rasakan ketika melakukan olahraga bulu tangkis dalam keadaan berpuasa adalah membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Dari dalam tubuh manusia, terdapat berbagai racun yang masuk dalam tubuh melalui radikal bebas.

Untuk itu, bermain badminton dipercaya dapat mengeluarkan racun melalui tetesan keringat. Selain membantu mengeluarkan racun, bermain badminton juga dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Maka dari itu, Anda disarankan untuk bermain bulu tangkis minimal 2 kali dalam 1 minggu.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan Tubuh

Keuntungan bermain badminton saat puasa Ramadhan yang ketiga adalah mampu menurunkan berat badan tubuh. Pergerakan tubuh yang dilakukan oleh pemain badminton ini dipercaya dapat membakar 480 kalori.

Oleh sebab itu, olahraga badminton dapat dijadikan sebagai salah satu program untuk menurunkan berat badan tubuh atau diet. Rata-rata, Anda dapat menurunkan berat badan hingga empat kilogram apabila bermain badminton secara rutin dalam satu bulan.

  1. Melatih Fokus

Bermain bulu tangkis ini dapat melatih fokus. Salah satu kunci untuk memenangkan satu sesi pertandingan bulu tangkis adalah kefokusan pemain dalam mengembalikan pukulan shuttlecock.

Untuk melatih feeling dalam bermain, maka silahkan bermain badminton secara rutin. Maka dari itu, melatih fokus menjadi salah satu keuntungan bermain badminton saat puasa Ramadhan.

  1. Menurunkan Kadar Stres

Seseorang yang kerap bermain bulu tangkis ini tentu terhindar dari rasa stres. Sebab, olahraga yang disukai oleh masyarakat Indonesia ini dipercaya mampu mengurangi kadar stres. Hal ini disebabkan karena Anda harus fokus untuk mengembalikan shuttlecock yang dipukul oleh lawan. Oleh karena itu, olahraga badminton ini dipercaya dapat menurunkan kadar stres karena tekanan pekerjaan atau faktor lainnya.

  1. Melatih Ketangkasan Otak

Keuntungan bermain badminton saat puasa Ramadhan yang terakhir adalah melatih ketangkasan otak. Memang, seseorang yang sedang bermain bulu tangkis ini “dipaksa” untuk berpikir cepat guna mengembalikan shuttlecock yang dipukul oleh lawan.

Apabila Anda telah terbiasa bermain bulu tangkis, maka ketangkasan otak akan semakin terasah. Maka dari itu, Anda disarankan untuk bermain badminton secara teratur, minimal 2 kali dalam 1 minggu.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Equipment Badminton Sesuai Standar?

Mungkin beberapa orang memilih menggunakan peralatan yang terkesan kurang memenuhi standar. Padahal, bermain bulu tangkis tentu harus menggunakan peralatan standar karena mempengaruhi permainan dan melindungi tubuh dari bahaya cedera.

Sebab, menggunakan equipment yang tidak sesuai standar akan menyebabkan permainan Anda kurang maksimal dan membuat pergelangan kaki terkilir hingga cedera parah. Akibatnya, Anda tidak dapat bermain bulu tangkis kembali karena mengalami cedera di area kaki.

Maka dari itu, lengkapi terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk bermain bulu tangkis. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan peralatan olahraga badminton standar guna melindungi diri dari cedera fatal hingga membuat Anda mengalami luka serius.

Bermain badminton menjadi salah satu kegiatan ngabuburit yang cukup digemari oleh semua orang. Sebab, Anda dapat melatih stamina dan fokus diri ketika bermain badminton. Maka dari itu, silahkan mencobanya guna mengetahui berbagai keuntungan bermain badminton saat puasa Ramadhan.