Heboh Cahaya Misterius dengan Gunung Merapi, BPPTKG Buka Video Rekaman CCTV

Heboh Cahaya Misterius dengan Gunung Merapi, BPPTKG Buka Video Rekaman CCTV Heboh Cahaya Misterius dengan Gunung Merapi, BPPTKG Buka Video Rekaman CCTV

Sempat ramai potret penampakan cahaya misterius adapun melintas di puncak Gunung Merapi. Bagaimana potretnya melaksanakan heboh media sosial, santak menumbulkan bergam spekulasi.

Dalam potret bahwa viral di media sosial, cahaya mujizatus tercantum terlihat bagaikan menyambar kawah gunung bahwa berada di perbatasan DIY lagi Jawa Tengah itu.

Balai Penyelidikan selanjutnya Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menjelaskan terkait foto yang ditengarai benda langit yang sedang jatuh dekat sekitar Gunung Merapi terbilang.

Berdasarkan pengamatan yang atas sejumlah CCTV yang memang terpasang untuk mengatami aktivitas Gunung Merapi selama ini. Memang sempat merekam kilatan cahaya setaradengan giliran yang tertera demi foto viral tercatat.

"Sehubungan bersama beredarnya berita terkandung, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV adapun berada di Deles [sisi timur Gunung Merapi] luang merekam kilatan cahaya dengan kadarl 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam kebeningan tertulisnya, Jumat (28/5/2021).

Kendati begitu, lebih lanjut Hanik menerangkan, tidak terdapat sinyal bahwa signifikan dari data kegempaan. Selain itu pula tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi.

Disampaikan Hanik bahwa khilaf satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi. Sementara itu, kaitan dengan benda-benda dari langit bukan merupakan ranah BPPTKG.

"Kami tidak mempunyai tugas demi mengamati benda langit semaka kami tidak bisa memastikan benda apa akan terlihat dalam gambar terbilang," ujarnya.

Ditanya mengenai peningkatan aktivitas ketimbang Gunung Merapi sendiri terkait fenomena tersebut, kata Hanik, tetap tidak ada perubahan signifikan.

"Sudah kami sampaikan di atas, sampai saat ini tidak ada peningkatan akan signifikan," tegasnya.

Dalam kesempatan ini Hanik menuturkan aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup agung. Termeruyup berupa aktivitas erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, guguran, maka awanpanas guguran.

Perlu diketahui juga santak saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi cukup Siaga (Level III). Jika memang terjadi perubahan aktivitas nan signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi buat segera ditinjau kembali.

"Masyarakat diimbau menjumpai tetap tenang, tidak panik, dan selantas mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya," tandasnya.

TONTON VIDEONYA DI SINI.

Sebelumnya diberitakan foto penampakan puncak Gunung Merapi memakai kilatan cahaya berwarna hijau dekat atasnya viral dekat media sosial.

Cahaya tercatat pun terlihat seakan langsung menyambar kawah gunung akan berada di perbatasan DIY beserta Jawa Tengah itu.

Foto tercantum diunggah keliru satunya oleh akun Twitter @merapi_uncover cukup Jumat (28/5/2021).

Menurut kebayanan adapun disertakan @merapi_uncover, gambar membisubil sama @gunarto_song dari Kamis (27/5/2021) daripada Kali Adem, Cangkringan, Sleman.

"Meteor Jatuh dekat Puncak Gunung Merapi, Kaliadem, Cangkringan, Yogyakarta(27 Mei 2021). Gunarto_song," cuitnya.

Saat dikonfirmasi, Gunarto Song mengakui memang foto itu membisubilnya dalam Kamis (27/5/2021) terus. Saat itu ia memang sedang berburu foto di Batu Alien yang berada di daerah Kali Adem, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

"Yang pasti kalau ngomong itu foto saya bener-bener melihat ada cahaya putih dan cukup cerah. Dia [cahaya] itu jatuh melalui atas ke pokoknya saya taunya dia itu cuma satu dua detik ya, buru-buru sekali, jatuh melalui atas ke bawah. Saya lihat bawahnya itu pas hadapan puncak gitu," kata Gunarto.

Itulah video remakan CCTV BPPTKG soal cahaya mistikus yang terlihat melintas di puncak Gunung Merapi. (SuaraJogja.id/ Hiskia Andika Weadcaksana).