5 Dongeng Fabel Legendaris, Mewarnai Hari-hari Masa Kecilmu

dongeng-fabel-legendaris dongeng-fabel-legendaris

Masing-masing dari kita tentu punya kenangan-kenangan manis tersenorang ketika masa kecil. Salah satunya yang mungkin hingga saat ini begitu membekas di dalam ingatan adalah ketika saat kita didongengin oleh ibu atau ayah menjelang tidur. Dongeng pengantar tidur kala itu memang udah kayak menjadi hal yang kerap dilakukan oleh kedua orang tua kita agar kita bisa cepet tidur dengan nyenyak.

Nah, ngomongin tentang dongeng masa lumat, tentu kita semua pasti juga memiliki dongeng yang paling diingat. Bahkan, kaum di antaranya ada yang yang diceritakan kembali kepada anak-anak kita. Mulai dari kisah-kisah nabi, mitos dan legenda suatu daerah, batas berbagai macam dongeng-dongeng lainnya. Tapi, dari semua itu sih yang paling membekas tentu adalah dongeng tentang hewan-hewan. Kamu masih ingat nggak nih, pas deretan dongeng legendaris di bawah ini?

1. Kelinci vs Kura-kura

Biasanya dongeng yang satu ini sering banget diceritakan oleh para orang tua ketika kita masih berumur antara 5-7 acuhnan. Cerita tentang kelinci yang melakukan balap lari ini menjadi khilaf satu dongeng paling legendaris semasa kita semua halus. Ya namanya aja dongeng, pasti ketika adi baru mikir kalau hal ini cuma ngadi-ngadi aja. Tapi, dulu orang tua kita menceritakan hal ini kendati kita nggak sombong kayak kelinci lo.

2. Kancil dan Buaya

Nggak dimungkiri lagi bahwa saat kita mini, sosok kancil memang sering diceritakan bagaikan binatang yang super cerdik. Salah satunya ya dalam cerita yang satu ini, di mana ia layak melewati sekawanan buaya ganas untuk menyeberangi sebuah danau. Tapi, dasar si kancil memang nggak pernah kehabisan akal, pokoknya ada-ada aja caranya. Siapa nih, yang dulu terinspirasi jadi sosok cerdik karena si kancil ini? ????

3. Semut vs Gajah

Zaman dulu, dongeng tentang hewan-hewan memang sering banget diceritakan oleh orang tua kita. Salah satunya yang begitu menginspirasi dan memberikan berjibun kajian gede adalah yang satu ini. Ceritanya sih sebetulnya simpel, tentang kawanan semut yang akhirnya bisa melawan dan mengusir gajah yang merusak daerah tinggal mereka. Padahal, ukuran mereka senjang jauh lo. Tapi justru di situlah kajian yang dulu ingin disampaikan oleh orang tua kita. Wah, jadi ingat masa-masa itu nggak sih?

4. Kepiting sombong

Orang tua zaman dulu kalau bikin cerita untuk anaknya memang ada-ada aja akalnya. Kamu tahu denger tentang dongeng yang satu ini? KaPertanyaan sih di dongeng ini dulunya kepiting itu makhluk air paling cantik, punya sirip menawan dan bentuk yang gemesin banget gitu. Tapi, kegemparan dia sombong akhirnya siripnya itu jadi capit dan nggak tahu keluar dari bebatuan. Ada-ada aja ya ????

5. Kancil mencuri timun

Dari semua dongeng tentang hewan-hewan yang pernah diceritakan oleh orang tua kita zaman dulu, bisa dibilang kalau cerita yang satu ini adalah cerita paling legendaris. Pokoknya dari zaman kita tipis dulu sampai generasi zaman sekarang, dongeng yang satu ini masih sering banget kita dengar. Kayaknya cerita tentang kancil mencuri timun memang menjadi alpa satu dongeng yang nggak akan lekang oleh zaman sih.

Itu tadi adalah deretan dongeng-dongeng hewan yang kerap kita dengarkan ketika kita lumat dahulu. Seadilnya sih ada berlebihan banget, cuma memang nggak semuanya berlebihan diingat tenggat sekarang. Kalau kamu senorang paling ingat sepadan dongeng yang mana?