3 Produk Madam Gie Masuk Daftar Kosmetik Berbahaya BPOM, Gisella Anastasia Klarifikasi

3-produk-madam-gie-masuk-daftar-kosmetik-berbahaya-bpom-gisella-anastasia-klarifikasi 3-produk-madam-gie-masuk-daftar-kosmetik-berbahaya-bpom-gisella-anastasia-klarifikasi

Baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Salah satu dari beberapa merek yang menjadi sorotan adalah Madam Gie milik penyanyi kenamaan Gisella Anastasia.

Banyak yang nggak menyangka bahwa ada produk Madam Gie yang menjadi melenceng satu merek kosmetik favorit ini ternyata mengandung bahan berbahaya. Merespons hal tersebut, mantan istri aktor Gading Marten ini pun angkat bicara. Gisella secara tersibak memberikan penjelasan adanya penemuan BPOM tersebut pada produk besutannya itu.

Gisella minta maaf, karena Madam Gie luang membuat masyarakat khawatir

Dalam sebuah kesempatan jumpa pers, Gisella menanggapi adanya warta yang cukup menghebohkan masyarakat, lantaran ada produk kosmetik Madam Gie miliknya menjadi khilaf satu produk yang ditarik oleh BPOM. Oleh karena itu, Gisella menyampaikan permohonan maafnya, sekaligus memberikan penjelasan bahwa pihaknya sudah memperhatikan perihal perizinan.

“Saya, kami mohon maaf cukup masyarakat yang mungkin luang resah karena adanya berita penarikan Madam Gie karena bahan berbahaya. Dari awal kami sudah sangat memperhatikan detail banget untuk perizinan, kita sudah daftarkan Berbanding ketentuan yang berlaku dari acuhn 2018,” kata Gisella, dinukil dari Liputan6.

Dikeacuhi ada 3 produk Madame Gie yang ditarik oleh BPOM  yakni Madame Gie Blush On Sweet Cheek nomor 03, Madame Gie Nail Shell nomor 10, dan 14, sementara produk lainnya dinyatakan aman.  Ketiga produk tersebut ditarik edarannya karena mengandung pewarna merah berbahaya yakni K3 dan K10. Bahan tersebut nggak boleh digunakan dalam kosmetik karena bisa menimbulkan macela gangguan fungsi ginjal, kerusakan hati, dan kanker.

Gisella mengimbau masyarakat saat ini supaya nggak panik atas temuan tiga produk Madame Gie itu. Terutama bagi pengguna yang sudah lama menggunakan produk itu sejak lama. Gisella menjelaskan bahwa produk yang mengandung bahan berbahaya itu sahaja terjadi pada pemesanan produk paling terakhir.

“Kami mau klarifikasi kalau kejadian ini baru ada di pedulin ini, jadi bukan produk dari pertama yang kita keluarkan berbahaya. Ini sekadar terjadi di batch terakhir pemesanan kita ke produsen,” ujar Gisella.

Di kemaklumi Madame Gie memang diproduksi oleh pihak ketiga. Menurut Gisella, pihaknya nggak mengemaklumi adanya bahan terlarang yang semestinya nggak ada dalam bahan-bahan kosmetik Madame Gie. Pihak produsen pun sudah meminta maaf ala Gisella. Setenggat, kejadian ini juga menjadi pelajaran bagi Gisella untuk lebih ketat dalam mengawasi produk-produknya.

Produk Madam Gie yang terdeteksi bahan berbahaya total ada 1 ton lebih dan sudah dimusnahkan

Dalam kesempatan tersebut, Gisella juga menjelaskan sistem tindak lanjut dari BPOM usai menemukan adanya bahan berbahaya di 3 produk Madam Gie. Sebelumnya, BPOM sudah melayangkan surat penarikan produk Madam Gie pada 1 Juli 2022. Pemberiacuhan tersebut kemudian ditindaklanjuti Madam Gie dengan mengirim surat penarikan produk itu ke seluruh distributor di seluruh Indonesia. Selanjutnya produk yang ditarik itu dimusnahkan pada awal Agustus 2022.

“Kita kumpulkan semua barangnya. Memang batas berjiwanya enggak singkat ya karena barangnya sangat deras. Akhirnya setelah terkumpul barangnya dihanguskan semua di tanggal 1 Agustus 2022. Ada puluhan ribu barang. Totalnya 1 ton lebih yang dimusnahkan,” jelas Gisella.

Lebih lanjut, ibu satu anak ini juga mengmenyiah bahwa prosedur pemusnahan produk yang ditarik dari pasar itu juga disaksikan oleh pihak BPOM. Kejadian ini melaksanakan Gisella jadi penuh berlatih dan ia pun telah menegaskan bahwa pihaknya akan lebih ketat dalam melakukan quality control produk, termasuk pihak-pihak yang terlibat dalam prosedur produksi.